Install Ubuntu Desktop 10.04 LTS
Sebelum melakukan proses instalasi Ubuntu Desktop 10.04 LTS pastikan kembali hal-hal dibawah ini.
- Data super penting Anda telah di backup.
- Telah tersedia partisi kosong diharddisk (sangat disarankan partisi menempati posisi terakhir)
- Semua hardware bekerja dengan baik di mode Livecd Ubuntu.

Jika Anda telah melakukan hal-hal diatas saatnya tulisan saya ini membantu Anda menginstall Ubuntu dikomputer Anda. Kita akan mulai proses instalasi dari mode livecd, untuk memulai double klik icon 'Install Ubuntu 10.04 LTS' di desktop.



Selanjutnya akan muncul wizard instalasi dan ikuti step by step secara cermat.

1. Pilih jenis bahasa
Wizard pertama adalah Welcome, di bagian kiri Anda dapat memilih bahasa yang akan digunakan. Karena bahasa Indonesia belum tersedia maka gunakan yang default aja yaitu English.



Selajutnya klik Foward untuk melanjutkan..


2. Pilih Time Zone


Time Zone adalah zona waktu Anda berada, klik posisi pada peta maka otomatis Ubuntu akan menampilkan Zona Waktu lokasi yang Anda pilih. Jika komputer yang Anda install sementara terkoneksi dengan Internet maka secara otomatis wizard instalasi akan terpilih sesuai lokasi Anda berada. Klik Foward untuk melanjutkan..


3. Pilih Jenis Keyboard
Pastikan jenis keyboard Anda tepat, yang banyak beredar di Indonesia adalah jenis keyboard USA (default).



Selanjutnya klik Foward untuk melanjutkan..


4. Siapkan Partisi untuk Ubuntu
Bagian ini adalah bagian terpenting, Anda dituntut lebih cermat dan berhati-hati karena dibagian ini kesalahan pemula yang mencoba migrasi sering sekali terjadi. Kesalahan partisi mengakibatkan Windows dan Data Anda taruhannya! Tapi jangan kwatir semoga panduan yang saya buat ini membantu Anda melewatinya.

Pada bagian partisi yang telah saya bahas sebelumnya, telah disiapkan partisi kosong dan disitulah area kerja yang akan kita tempati untuk Ubuntu yang sementara Anda install. Pada wizard ini pilihlah opsi specify partitions manually (advanced). Perhatikan gambar dibawah ini untuk detailnya.



Penjelasan ini sifatnya mencerahkan saja. Tidak digunakan implementasi pada tutorial yang saya buat kali ini! Opsi lain yang tersedia pada wizard diatas sebagai berikut.
- Install them side by side, choosing between them each startup opsi ini menyerahkan sepenuhnya kepada Ubuntu untuk ditemaptkan ditempat yang seharusnya.
- Erase and use the entire disk maksudnya hapus semua partisi yang ada dan gunakan untuk Ubuntu saja.
- Use the largest continuous free space maksudnya system partisi akan ditempatkan dipartisi yang free space-nya paling besar.

Klik Foward untuk melanjutkan pada proses pembuatan partisi secara manual.


5. Membuat Partisi swap dan /
Partisi swap dan / akan di buat pada partisi kosong yang telah disediakan sebelumnya. Pilih partisi kosong seperti tampak pada gambar dibawah ini.



Pastikan Free Space telah terpilih seperti terlihat di gambar atas! Berikutnya buat kedua partisi diatas.

5.1. Buat Partisi Swap
Klik tombol Add selanjutnya type partisi tetap di logical, sizenya 2 X fisik RAM. Untuk detail ukuran partisi swap baca tulisan ini. Opsi Use as pilih swap area. Tampak seperti gambar dibawah ini. Klik OK untuk membuat partisi swap tersebut.



5.2. Buat Partisi /
Pastikan yang terpilih adalah Free Space pada saat klik tombol Add, gunakan semua free space yang tersedia untuk partisi ini. Lakukan hal yang sama untuk membuat partisi /, yang berbeda hanyalah beberapa opsi yang terlihat seperti gambar dibawah ini. Klik OK untuk membuat partisi / tersebut.



Hasil akhir setelah membuat kedua partisi tersebut seperti terlihat pada gambar berikut. Bandingkan dengan kondisi awal pada saat partisi masih kosong, harusnya terlihat perbedaan yang signifikan.



Klik Foward untuk melanjutkan..


6. Buat Account Login
Berikutnya adalah membuat account login, sesuaikan dengan keinginan Anda. Perhatikan nama komputer bisa berbeda dengan nama account login.



Selanjutnya klik Foward untuk melanjutkan..


7. Migrasi Document dan Settingan Windows
Bagian ini abaikan saja, klik Foward untuk ketahap akhir..


8. Summary dari Setingan Instalasi
Bagian ini menampilkan summary dari setingan yang telah dilakukan pada point 1-7. Periksa kembali pastikan tidak ada yang keliru. Jika yakin semua sesuai petunjuk diatas klik Install untuk memulai proses Instalasi sesungguhnya.




9. Progress Proses Instalasi
Proses instalasi akan tampak seperi dibawah ini.



Jika Anda terhubung internet Anda bisa mengabaikan download paket tambahan dengan cara klik tombol skip diujung progress status, tombol skip ini muncul di kisaran 80% dari proses.




9. Instalasi Completed
Jika progress proses telah mencapai 100% maka wizard akan tertutup dengan sendirinya dan akan muncul window baru yang meminta Anda untuk Restart.



Klik tombol restart kemudian CD Ubuntu Anda akan keluar dengan sendirinya. Tekan enter untuk melanjutkan proses restart.


10. Pastikan Instalasi Berhasil
Setelah proses Power On Self Test (POST) dilakukan, seharusnya pilihan Boot Loader Ubuntu yaitu GRUB akan menampilkan pilihan Sistem Operasi Dual Boot seperti gambar dibawah ini.



Untuk memastikan tidak ada error akibat efek Instalasi yang baru dilakukan cobalah login ke Ubuntu dan dikesempatan berikutnya masuk ke OS Windows Anda, semoga semuanya baik-baik saja. Pastikan juga untuk mengembalikan setingan booting BIOS ke media Harddisk. Sampai disini proses Instalasi Ubuntu Desktop 10.04 LTS berhasil dilakukan, selanjutnya mari bersama-sama belajar bagaimana menggunakan Ubuntu. Tersedia di tutorial ini..

keatas ^

Menu GNU/Linux Menu Profil Mr Wevils Menu Ragam Hidup Mr Wevils Link Menu W-Linux Menu Kontak Mr Wevils
didedikasikan untuk gerakan GO GREEN!
klik image untuk kemenu lainnya