Sharing Knowledge Mr Wevils
Halaman ini sebagai sarana Sharing Knowledge Mr Wevils dibidang Open Source & Free Software terkhusus bahasan-bahasan mengenai GNU/Linux. Knowledge jika disimpan sendiri ngak akan menambah wawasan yang kita miliki. Semoga tulisan-tulisan dibawah ini memberi faedah buat yang membacanya terkhusus pribadi Mr Wevils yang sering lupa akan sesuatu hal.
update terakhir: Rabu, 23 Oktober 2013
Butuh Layanan GNU/Linux?
Mr Wevils menyediakan Layanan Support GNU/Linux untuk Anda!
    GNU/Linux Server Support
      - Linux Server Setup Package
      - Linux Server Maintenance

    Kelas Privat GNU/Linux
      - Kelas Privat Linux Desktop
      - Kelas Privat Linux Server

    Distributor CD Distro GNU/Linux
     Tersedia distro-distro dibawah ini.
      - Ubuntu      - Slackware      - Mandriva
      - CentOS     - Open SuSE     - PCLinux
      - Fedora

Pilih Distro Sesuai Selera
Distro akronim dari Distribusi GNU/Linux adalah gabungan sistem operasi  GNU/Linux beserta paket aplikasi lengkap yang dapat digunakan langsung.

Setup Ip Publik Speedy ke PC sendiri
Sabtu, 20 Juni 2009 | 09.59 wib

Pengen komputer di rumah/kantor dapat diakses dari jaringan global/internet? Saat ini speedy menjadi salah satu pilihan yang cukup murah. Syaratnya punya koneksi speedy unlimited karena paket ini seharusnya anda mendapat ip publik yang dapat diakses darimana saja. Sebetulnya ip publik yang dynamic juga dapat di gunakan namun harus rajin-rajin melakukan perubahan sesuai ip publik yang didapat di modem yang kita gunakan.

Kuncinya sangat sederhana.. aktifkan fasilitas dmz (demilitarized zone) di modem dan arahkan ke ip komputer anda. Pada kesempatan ini saya menggunakan modem bawaan paket speedy yaitu SANEX seri SA-C5210. Berikut step-stepnya, semoga bisa membantu rekan-rekan lainnya.
1. Setup modem speedy anda melalui wizard sebagai interface ppp0 dengan vpi/vci = 0/35 dan protokol PPPoE. Disarankan untuk memasukkan ip statis yang diberikan oleh pihak speedy.
2. Pastikan koneksi internet berjalan dengan baik dari komputer anda (Lakukukan browsing untuk lebih meyakinkan). Jika sudah tidak ada masalah dengan koneksi internet lanjutkan ke tahap berikutnya, jika masih bermasalah selesaikan dulu dan jangan kestep berikutnya karena akan buang-buang waktu saja tanpa hasil.
3. Aktifkan fasilitas DMZ, pada modem saya ada dimenu Advance - Virtual Server - DMZ Settings lalu pilih enable dan masukkan ip address komputer yang akan diakses pada DMZ Host IP Address. Simpan perubahan yang anda lakukan.
4. Aktifkan incoming connection, masuk dimenu Advance - Firewall pada bagian Incoming Default Action pilih allow. Hati-hati dengan data anda jika hal ini menjadi pilihan.
5. Testing akses dari jaringan luar, jangan testing sendiri di komputer anda karena ketemunya akan selalu login kemodem. Minta bantuan teman anda yang beda koneksi dengan anda dengan melakukan ping ke ip pulik anda misalnya 118.96.78.XXX


Harusnya jika semua berjalan dengan baik maka komputer anda bisa diakses dari luar sesuai service yang aktif didalamnya. Anda bisa membuat webserver sendiri, anda bisa melakukan pekerjaan remote, anda bisa punya bank data sendiri yang murah tentunya meriah. Tapi ingat akan berimbang dengan resiko security disistem yang anda gunakan. Bentengi dengan firewall yang cukup tentunya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


Komentar Tulisan Diatas!

Protocol ppp0
Oleh : Wahyu Juniawan, 22 Desember 2011 | 13.04 wib

Kanda, interface vpi/vci yang 0/35, bedanya apa dengan yang 8/81 ?

Thanks.
http://www.wahyujuniawan.com

Balasan Komentar:
Dari: Mr Wevils, 22 Desember 2011 | 13.59 wib
Secara teknis saya ngak bisa menjelaskan, ndak ngerti banget. Intinya nilai vpi/vci itu tergantung lokasi wilayah (erat kaitannya dengan masalah infrastuktur klo menyimpulkan dari beberapa sumber diinternet).

Tanyain sama orang speedy, klo area sulawesi pake 8/81.




ARSIP TULISAN PRIBADI Mr Wevils



Menu GNU/Linux Menu Profil Mr Wevils Menu Ragam Hidup Mr Wevils Link Menu W-Linux Menu Kontak Mr Wevils
didedikasikan untuk gerakan GO GREEN!
klik image untuk kemenu lainnya